Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 Series (4A, 4X, 4 Prime)

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 Series (4A, 4X, 4 Prime)

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 Series (4A, 4X, 4 Prime) - Halo sobat gretong pada artikel kali ini saya akan membahas seputar Redmi 4 Series, Sebelum kita ingin melakukan Tweak, instal TWRP, Root ataupun menggonta-ganti stock rom xiaomi 4, 4A, 4X dan 4 prime, hal pertama yang harus kita lakukan tentunya harus melakukan Unlock Bootloader pada xiaomi 4 series terlebih dahulu. Kenapa? Karena jika tidak di UBL, maka kita tidak akan bisa menginstal TWRP, Rooting, Pasang Xposed dan lain sebagainya.

Baca Juga :
Cara Flashing Xiaomi Redmi 5A Dengan Mudah

Kehadiran Xiaomi 4 series seperti Xiaomi Redmi 4A, Xiaomi Redmi 4X dan Xiaomi Redmi 4 Prime di Indonesia diterima dengan sangat baik, karena memiliki spesifikasi yang mumpuni dan harga yang cukup terjangkau baik untuk kelas bawah ataupun kelas menengah. Apalagi Xiaomi sekarang sudah memiliki Pabrik di Indonesia dan sebagian dari Xiaomi 4 Series sudah resmi di Indonesia.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi 4 Series (4A/4X/4 Prime)

Cara Unlock Bootloader Xiaomi 4 Series (4A/4X/4 Prime)

Jika ingin melakukan unlock bootloader pada xiaomi 4A/4X/4 Prime, kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu UBL (Unlock Bootloader). Dibawah ini saya akan bahas sedikit tentang Unlock Bootloader !

Xiaomi menggunakan sistem Lock Bootloader semenjak pertengahan tahun 2016, dengan tujuan keamanan dan mencegah adanya produk tiruan Xiaomi alias Super KW. Namun hal ini membuat pengguna kewalahan karena proses Unlock Bootloader Xiaomi yang cukup sulit

Fungsi Unlock Bootloader Pada Xiaomi adalah agar kita dapat melakukan aktivitas seperti halnya menginstal TWRP, Xposed, dll. Maka kamu harus melakukan Unlock bootloader terlebih dahulu. Jika tidak, maka hal tersebut tidak akan bisa dilakukan.

Apakah Unlock Bootloader itu penting ? Menurut saya penting, karena dengan melakukan unlock bootloader pada xiaomi tentunya kita bisa menginstall twrp, melakukan root, dll. Hingga bisa membackup semua data system, hal ini sangat penting dengan adanya TWRP ketika xiaomi bootloop kita tidak perlu melakukan flashing xiaomi menggunakan pc.

Hanya cukup melalui TWRP saja, maka dari itu untuk berjaga-jaga backup atau persiapkanlah stock rom di Memory Card kalian. Agar suatu saat jika dibutuhkan kalian tidak kebingungan dan panik lagi.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi 4 Series

Sebelum ketahap Unlock Bootloader ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, diantaranya :
  1. Punya Akun Xiaomi
  2. Melakukan Request terlebih dahulu untuk melakukan Unlock Bootloader di halaman http://en.miui.com/unlock/ dan silakan login menggunakan akun kalian
  3. Sudah Mendapatkan sms izin unlock bootloader
  4. Koneksi Internet
Jika selama 24Jam belum mendapatkan SMS coba buka kembali halaman http://en.miui.com/unlock/. Jika sudah ada perintah untuk mengunduh atau mendownload MiFlash, langsung saja di download.

Persiapan Untuk Melakukan Unlock Bootloader Xiaomi 4 Series

  1. Download MiFlash Unlock (seperti yang sudah saya jelaskan diatas). Miflash unlock dapat kamu download di halaman http://en.miui.com/unlock/ ketika sudah disetujui) silakan login jika disetujui maka akan terlihat perintah untuk mendownload MiFlash. dan kemudian Extract file hasil download. Dengan cara Klik kanan > Extract Here.
  2. PC dengan koneksi Internet
  3. Driver ADB Device
  4. Kabel USB

Melakukan Unlock Bootloader Xiaomi 4 Series

Instal ADB dan extract MiFlash unlock yang sudah kamu download tadi. Kemudian Jalankan MiFlash Unlock dan login menggunakan akun Xiaomi yang sudah dapat izin unlock bootloader.

Aktifkan USB Debugging dan OEM unlock pada HP xiaomi kalian. Jika di developer Options HP xiaomi kalian ada menu Mi Unlock Status, silakan di klik dan kemudian tekan Add Account And device.

Login ke https://i.mi.com/ dan tekan Find Device. Pastikan HP kalian terdaftar dengan nomor HP yang sama. Dan Lokasi kalian telah terdeteksi. Jangan lupa untuk mengaktifkan Find Devices pada HP Xiaomi kalian dengan Cara masuk ke Pengaturan > Mi Account > Find devices.

Matikan HP Xiaomi dan masuk ke Fastboot Mode. Dengan Cara Tahan volume Down + Power sampai muncul Fastboot Mode. Hubungkan PC dengan HP Xiaomi menggunakan Kabel USB. Pada MiFlash Unlock silakan tekan Unlock. Tunggu sampai proses unlock bootloader pada xiaomi telah selesai.

Itulah beberapa Cara Unlock Bootloader Xiaomi 4 Series (4A/4X/4 Prime), semoga proses unlock bootloader sukses. Tapi, jika gagal cobalah untuk Pindah ROM ke ROM Developer China. Karena pada dasarnya, Unlock bootloader hanya untuk ROM Developer China. Tapi, beberapa orang ada yang berhasil Unlock bootloader pada ROM Global.

Comments

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.